9 Mei 2013

Portabel Speaker Untuk Presentasi

Kadang-kadang dalam presentasi, kita butuh untuk menampilkan video atau audio. Hal ini penting untuk mendukung demo dari presentasi kita. Untuk mendengarkan suaranya kita butuh speaker. Umumnya komputer laptop (notebook) sudah tersedia speaker yang terintegrasi. Tinggal dengarkan dan tambah volumenya. Beruntung jika tempat kita presentasi itu dilengkapi dengan sound system yang menyediakan colokan (konektor) suara ke laptop kita (out, yang gambarnya icon headphone).

Namun, kadang-kadang tempat kita presentasi tidak menyediakan fasilitas yang mendukung. Untuk itu kita perlu menyiasati dan menyiapkan perbekalan perangkat jika di tempat presentasi tidak menyediakan fasilitas sound system tersebut.

Ada banyak speaker yang beredar di pasaran. Dari yang semi sound system sampai pada hanya standar untuk mengeluarkan suara. Untuk kebutuhan presentasi dan aktifitas mobile, dibutuhkan kriteria speaker sebagai berikut :


  1. Ringan, tidak berat.
  2. Sederhana, gampang memasangnya
  3. Tidak rumit, dan tidak makan tempat.
  4. Bentuknya minimal dan tidak susah mengemasnya kembali.
Pilihannya tentu saja pada speaker portabel. Banyak jenis dan model speaker portabel yang beredar di pasaran. Umumnya dengan dua buah speaker, right and left. Ternyata hal ini, belum cukup. Setelah memilih dan melihat-lihat berbagai jenis speaker portabel, akhirnya pilihan jatuh pada Speaker merek Genius Model SP-i150.


Speakernya memiliki kontainer tunggal yang di dalamnya terdapat dua buah speaker (stereo). Dilengkapi dengan punch (kantongan). Jadi bisa kita masukkan ke dalam tas. Kecil dan simpel, dan tidak ribet dengan seabreg komponen. Kekuatan suaranya cukup untuk satu ruangan 10 m x 10m. Daya outputnya 2W, dengan range frekuensi 80 Hz - 8 KHz.

Sementara ini saya puas dengan speaker portabel yang simpel ini. Gampang dibawa dan digunakan, khususnya untuk membantu presentasi di tempat-tempat yang tidak memiliki fasilitas sound system untuk presentasi. Jika pun ada, bisa membantu dalam pemakaian microphone. Jadi tidak pake konektor (jack) aux.


2 komentar:

  1. Sangat lengkap ulasan tentang Portabel Speaker Untuk Presentasi ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.
    TOA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih udah berkunjung ke blog saya dan udh memberikan komentar... Aamiin...

      Hapus

Silahkan memberikan komentar